Federasi Otomotif Internasional (FIA) baru saja merilis hasil survei komprehensif mengenai sim racing dan esports, melibatkan lebih dari 12.000 responden dari seluruh dunia. Survei ini mengungkapkan bahwa 68% responden memilih iRacing sebagai platform pilihan untuk kompetisi, menunjukkan dominasi platform tersebut dalam komunitas sim racing. Selain itu, 94% responden menyatakan bahwa balap sirkuit adalah disiplin yang paling menarik, mencerminkan minat besar terhadap jenis balap ini dibandingkan dengan disiplin lain seperti balap rally atau drift.
Menariknya, survei juga menunjukkan bahwa meskipun minat terhadap sim racing tinggi, hanya 62% responden yang secara aktif terlibat dalam sim racing dan esports. Hal ini menunjukkan adanya potensi besar untuk meningkatkan partisipasi dan keterlibatan dalam komunitas ini. Lebih lanjut, 61% responden menyatakan minat yang sangat tinggi terhadap motorsport dunia nyata, menunjukkan bahwa sim racing sering kali menjadi jembatan menuju minat yang lebih besar terhadap balapan nyata.
Survei ini juga mengungkapkan beberapa wawasan penting mengenai demografi dan perilaku pemain. Misalnya, mayoritas responden adalah pria muda berusia antara 18 hingga 34 tahun, dengan sebagian besar berasal dari Eropa dan Amerika Utara. Selain itu, survei menunjukkan bahwa sebagian besar responden bermain sim racing sebagai hobi, dengan hanya sedikit yang melakukannya secara profesional.
Berdasarkan temuan ini, FIA sedang mempertimbangkan untuk mengembangkan kejuaraan sim racing khusus yang dapat menarik lebih banyak peserta dan penggemar. Inisiatif ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem sim racing dan esports, serta menarik lebih banyak orang untuk terlibat dalam motorsport secara umum.