Asetek Sim Sports, bagian dari produsen perangkat keras PC asal Denmark, baru saja memamerkan prototipe sistem Anti-Locking Braking System (ABS) untuk balapan simulasi. Sistem ini merupakan peningkatan opsional untuk pedal hidraulik Invicta yang telah ada sebelumnya, yang dapat dibeli dalam model La Prima atau Forte dengan sel beban sebelum di-upgrade.
ABS ini bertujuan untuk meniru sistem yang digunakan dalam mobil jalan raya modern dan beberapa model balap seperti kategori GT3. Sistem ini akan memberikan umpan balik pulsasi melalui pedal rem, memberikan pengalaman yang lebih realistis bagi para penggemar balapan simulasi.
Menurut CEO Asetek SimSports, André Eriksen, ABS ini bukanlah tiruan sistem pengereman, melainkan spesifikasi ABS dunia nyata yang diadaptasi untuk balapan simulasi. “Ini adalah sistem ABS yang nyata dari mobil asli,” kata Eriksen. Sistem ini menggunakan pompa dan katup ABS dari mobil sungguhan yang dihubungkan dengan sistem hidraulik pada pedal Invicta.
Prototipe ini diperkenalkan pada SimRacing Expo 2022 di Nürnberg, Jerman, dan meskipun belum dapat diuji pada rig simulasi, pengunjung dapat mencoba pedal hidraulik dengan ABS terpasang dan merasakan feedback langsung dari pedal.
Dalam konteks ini, Asetek SimSports menghadapi persaingan ketat dari pemain lain di industri perangkat keras balap simulasi. Baru-baru ini, Moza Racing, produsen perangkat keras balap sim asal Cina, mengumumkan peluncuran pedal aktif terbaru mereka, mBooster Active Pedals. Pedal ini dirancang untuk memberikan umpan balik haptik yang meniru sensasi ABS dan kontrol traksi dunia nyata melalui getaran di pedal rem dan akselerator.
Moza Racing menghadirkan solusi pedal yang lebih terjangkau namun tetap canggih, bersaing dengan produk dari Simucube, Simagic, dan P1 Sim. Simucube, misalnya, telah menawarkan ActivePedal yang dikenal tanpa per menggunakan motor getar untuk menghasilkan umpan balik haptik, meskipun dengan harga yang cukup tinggi di atas 2400 Euro, atau sekitar Rp 42 juta. Active Pedals dari Moza diharapkan akan bersaing lebih dekat dengan P1 Sim Mistral, Simagic P1000-RS Pedal, dan Fanatec’s ClubSport V3 Pedals, yang semuanya tersedia dengan harga di bawah 1000 Euro (Rp 17 juta), termasuk varian hidraulik.
Asetek juga berencana menawarkan fitur perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mengatur frekuensi pulsasi, sesuatu yang tidak dapat dilakukan pada mobil sungguhan. Namun, belum ada tanggal rilis atau harga yang diumumkan, dengan perkiraan peluncuran pada tahun 2023.
Eriksen menjelaskan bahwa meskipun secara mekanis sistem ini sudah siap, masih diperlukan pengujian lebih lanjut untuk integrasi perangkat lunak dan perangkat kerasnya. Dengan perkembangan ini, Asetek SimSports berharap dapat memperkuat posisinya di pasar perangkat keras balap sim dan menawarkan pengalaman berkendara yang lebih realistis bagi para penggemar balap virtual.